Senin, 19 Juni 2017

cara Instal Windows 10 di VirtualBox

BY Unknown No comments

cara Instal Windows 10 di VirtualBox
1.    Buka aplikasi virtualbox. Maka akan muncul halaman utama virtual seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya pilih baru(new).

fannirtsani

 
2.    Pilih nama file penyimpanan virtualbox, pilih sytem operasi yang akan diinstal dan pilih versi sistem operasi  yang akan diinstal.
Pada kotak Name isikan nama file virtualbox(nama yang  diinginkan) untuk disimpan. Pada tutorial kali ini kami beri nama Windows 10.
Pada kotak dialog Type pilih Microsoft Windows.
Pada kotak dialog Versi  pilih Windows 10 (32 bit atau 64 bit). Pilih sesuai dengan file ISO yang dimiliki atau sesuai dengan kebutuhan. Disini kami menggunakan windows 10 64 bit.
Setelah semua terpilih dan diisi dengan benar maka klik Lanjut.


3.    Atur jumlah RAM yang digunakan, pastikan RAM yang digunakan tidak melebihi separuh dari PC yang digunakan.


4.    Pada kotak dialog Hard drive pilih create a vertical hard drive now  yang berfungsi untuk mempermudah proses penginstalan.
5.    Pada tipe file hard drive pilih VDI merupakan defaultnya.

 



6.    Pada penyimpanan pilih Dynamicaly alocated untuk menentukan besarnya storage yang dinamis.


7.    Saat menentukan ukuran hard disk virtual disarankan tidak lebih dari ukuran hark disk virtual.
 

8.    Virtual machine sudah selesai dibuat saatnya melakukan instalasi windows. Pilih virtual machine dan klik start.
9.    Selanjutnya masukkan file ISO Windows 10 dengan klik icon folder yang ada disebelah kanan, jika menggunakan DVD maka langsung pilih CD /DVD ROM.
 

10.  Proses pengintalan windows sedang berjalan.

11. Selanjutnya akan muncul layar kerja untuk mengatur bahasa penginstalan, format waktu dan mata uang, serta metode input keyboard. Untuk setting yang perlu dirubah adalah pada bagian Time and currency format (format waktu dan mata uang) dirubah menjadi Indonesian.



12. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan Product Key asli windows 10. Nah, jika kamu tidak mempunyai product key asli windows 10 ini, kamu dapat melewati tahap ini dengan mengklik tombol I don’t have a product key.

13. Akan muncul ketentuan/persyaratan instal windows 10 dari Microsoft. Ketentuan ini dituliskan dalam bahasa inggris dan jika kamu ingin membacanya, silahkan saja karena akan lebih baik jika kamu memahami isi dari semua teks tersebut. Apabila kamu tidak membacanya, ya tidak apa-apa sih. Langsung saja centang pada opsi I accept the license terms. Artinya kamu menyetujui semua ketentuan dan persyaratan dari Microsoft. Lalu klik tombol Next.


14. Kemudian akan ada dua opsi pilihan, yaitu Upgrade dan Custom. Upgrade digunakan untuk memperbarui windows sebelumnya yang terinstal di komputer kamu. Sedangkan Custom digunakan untuk melakukan penginstalan ulang secara keseluruhan.
Untuk menginstal ulang windows 10 pilih opsi yang kedua, yaitu Custom : Install Windows only (advanced).


15. . Akan muncul pemberitahuan mengenai hard disk dan tentunya masih dalam keadaan kosong. Yang harus dilakukan adalah membuat partisi atau membagi ukuran harddisk menjadi beberapa bagian. Minimal membuat 2 partisi dan bisa lebih juga tergantung keinginan kamu.klik NEW >APPLY>OK.




16. Proses instalasi dimulai
17.  Pilih use express setting
18.  Selanjutnya sistem akan bertanya siapakah yang memiliki PC ini?. Opsi yang diberikan yaitu apakah PC yang digunakan milik kantor atau milik sendiri. Disini kami memilih I own it




19.  Selanjutnya kamu akan diminta login dengan menggunakan akun Microsoft. Jika kamu telah mempunyai akun Microsoft, maka langsung saja login menggunakan akun tersebut. Apabila kamu belum mempunyai akun Microsoft, maka kamu bisa mendaftar terlebih dahulu. Untuk layar kerja pendaftaran akun Microsoft akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Isikan semua kotak yang tersedia dengan benar. Untuk email bisa menggunakan gmail yang telah kamu miliki. Setelah selesai mengisi semuanya, klik tombol Next.




20.  Kemudian kamu akan disajikan 2 opsi. Untuk opsi pertama jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti meningkatkan pengalaman saya online dengan membiarkan iklan microsoft menggunakan informasi account. Anda dapat mengubah pengaturan ini setiap saat. Sedangkan untuk opsi kedua berarti Kirimi saya menawarkan promosi dari microsoft. Anda dapat berhenti berlangganan setiap saat. Nah itulah kira-kira arti dari kedua opsi tersebut. Disini kami tidak mencentang kedua opsi tersebut, jika teman-teman ingin mencentang salah satu atau bahkan keduanya, karena tidak mempunyai pengaruh dalam aplikasi

21.  Disini kamu dapat memberikan nama PC virtual dan mengisi PIN keamanan

22.  Kamu dapat melakukan update untuk merestartnya




0 komentar:

Posting Komentar