Jumat, 31 Maret 2017

MEMBUAT KONEKSI JARINGAN ANTARA KOMPUTER HOST DAN VIRTUAL

BY Unknown No comments


MEMBUAT KONEKSI JARINGAN ANTARA KOMPUTER HOST DAN VIRTUAL




Oke guys, mungkin kalian gak pernah berfikir kalau kita bisa membuat konektivitas jaringan antara komputer host dengan mechin virtual yang kita buat, nah kebetulan yang akan aku sahre kali ini adalah “bagaimana caranya untuk membuat konektivitas jaringan antara komputer host dengan komputer atau mechine virtual yang ada di virtual box”
Oke kita mulai dari pengenalan dulu apa itu virtual box, virtual box adalah salah satu aplikasi untuk simulasi instalasi sistem operasi komputer yang digunakan sebagai media untuk mempermudah latihan atau simulasi khusunya tentang sistem operasi komputer.
Mungkin bagi kalian yang masih awam silahkan baca-baca lebih lanjut mengenai virtual box.
Nah, sebelum kita lanjut kita perlu menginstal sistem operasi pada mesin virtual box, baik itu dengan windows xp, windows 7, windows 8 atau windows 10. Jika sudah di instal silahkan ikuti langkah berikut ini :
1.       Buka mesin virtual yang sudah terinstal Pada virtual box, klik menu pengaturan atau setting. Seperti gambar berikut ini :

2.       Setelah itu dalam menu pengaturan pilih dan klik sub menu jaringan, tentu kita pilih sub menu ini karena tujuan awal kita adalah untuk membuat suatu koneksi jaringan.



3.       Kemudian pilih jaringan hanya host dan klik menu ikon folder disamping kiri Lihatlah gambar dibawah ini.


4.       Kemudian pilih adaptor lalu klik ok! Kenapa kita harus memilih adaptor? Karena jika dalam koneksi sesungguhnya kita akan mengatur adaptor yang akan digunakan.


5.       Kemudian pilih adaptor sesuai keinginan, nah kebetulan yang aku pakai adalah adaptor 1, klik NAT lalu oke.


6.       Oke langkah selanjutnya ubahlah pilihan NAT menjadi adaptor hanya HOST
Kilik dibawahnya dan pilihlah virtual kemudian klik pilihan tingkat lanjut dan pilih ijinkan semua. Perhatikan gambar dibawah ini.

7.       Selanjutnya dalah menggkonfigurasi ip dan jaringan pada komputer host
Kilik di bawah pojok kanan, pilih menu wireles atau network, klik open naetwork and sharing center. Seperti dibawah ini.

8.       Selanjutnya pilih menu change adapter setting, nantinya langkah ini akan mengatur konfuigurasi ip address

9.       Setelah memilih itu maka akan muncul gambar tampilan berikut dan pilihlah virtual LAN

10.   Kemudian aturlah ip adress dengan klik kana pilih ip version 4 dan klik propertise. Peratikan gambar berikut

11.   Setelah itu masukan ip sesuai dengan keninginan, namun yang perlu disamakan adalah kelas ipnya yang dipakai sama dengan kelas yang akan digunakan pada mesin virtual

12.   Lakukan konfigurasi yang sama pada mesin virtual dengan langkah yang sama seperti konfigurasi  ip pada komputer Host.
13.   Setelah itu pastikan bahwa koneksi sudah terhubung denga mengeceknya seperti gmabr di bawah ini



14.   Lakukan pula pada mesin virtual yang sudah dikonfigurasi ip addressnya. Jika tidak puas maka anda bisa mengeceknya melalui ping ke ip address komputer Host

15.   Jika anda ingin sharing folder dapat dilakukan pula dengan koneksi jaringan yang telah dibuat





0 komentar:

Posting Komentar