Senin, 19 Juni 2017

Menggandakan Sistem Operasi MenggunakanKloning (Clone) di Virtualbox

BY Unknown 1 comment

Menggandakan Sistem Operasi MenggunakanKloning (Clone) di Virtualbox








Apa itu clone? Clone adalah penggandaan dimana kita bisa menggandakan satu mesin virtual yang sudah kita install, dan itu akan menghasilkan hasil yang sama persis atau identik pada master yang kita install sebelumnya.

Hal yang perlu di lakukan sebelum melakukan cloning adalah :
1. Sudah install virtualbox
2. Sudah install windows yang ingin di clone

Fungsi dari clone ini adalah menghemat waktu kita untuk tidak menginstall ulang secara terus menerus pada sistem operasi yang sama.

Langkah percobaan yang harus dilakukan:

Pilih windows yang ingin digandakan, contoh nya saya ingin menggandakan windows xp

Klik menu Machine --> clone Kemudian tampilan akan seperti gambar diatas.

Pada pilihan Clone virtual Machine kita akan mendapatkan 2 pilihan untuk jenis clone dimana 'Full done' virtualbox akan membuat salinan yang sama persis seperti di virtual machine aslinya termasuk virtual hard disk. Kemudian jika memilih 'linked done' virtual hanya membuat salinan machine sedangkan virtual hard disk ditautkan pada virtual disk mesin aslinya. Pilihan ini dapat menghemat ruang kosong di hard disk tetapi kita tidak bisa memindahkan virtual machine hasil cloning ke mesin fisik lain tanpa memindahkan virtual machine aslinya juga. Kemudian setelah memilih antara full atau linked done maka klik Clone untuk melanjutkan.

Tunggu proses "Clone Virtual Machine : Cloning Machine hingga 100%


Hasil clone berhasil dilakukan dan tertulis di sistem operasi "Windows XP Clone"

1 komentar:

  1. cobalt vs titanium drill bits - TiGIN
    It's titanium white paint the biggest and fastest way to start the game on a classic ford focus titanium gaming system! camillus titanium The titanium metal cobalt titanium 3d printer is a 10th-mile drill consisting of a single piece of the

    BalasHapus