Kamis, 14 April 2016

OXYGEN SENSOR

BY Unknown No comments

OXYGEN SENSOR


Calcia-stabilized zirconia (CSZ) adalah bahan keramik yang sering digunakan sebagai elektrolit padat pada sel  konsentrasi oksigen (oxygen concentration cell) yang digunakan pada temperature tinggi. Fungsi utamanya adalah sebagai sensor oksigen yang berguna untuk memonitor aktivitas oksigen atau tekanan pada logam cair/gas yang memiliki temperature tinggi. Ketika material CSZ ini diekspose pada suatu kondisi  yang berbeda tekanan oksigennya,  elektromotive force akan terbentuk sesuai dengan persamaan Nernst. Sebagai illustrasi, prinsip dari oxygen sensor bisa dilihat pada gambar 1.


Illustrasi dari oxygen sensor
Oxygen sensor yang sederhana biasanya dibuat dari zirconia tubes, yang di coating dengan lapisan tipis platinum paste dibagian dalam (reference side) dan luar nya (exhaust side). kedua bagian ini dihubungkan dengan kawat platinum, dan diukur tegangannya ketika diekspose pada temperature tinggi. Selain itu, biasanya oksigen sensor juga dilengkapi dengan termokople untuk mengetahui temperature lingkungannya.

Aplikasi:
Oxygen sensor digunakan pada mesin mobil untuk mengetahui konsentrasi oksigen pada gas buangan.  selain itu, sering juga diletakkan didalam pipa2 gas/uap untuk mengetahui tekanan oksigen didalam pipa sebagai upaya untuk mengetahui ataupun mengontrol lapisan oksida yg terbentuk didalam dinding bagian dalam pipa, dan menentukan berapa laju korosi nya.

0 komentar:

Posting Komentar